Javaziez

All About Code

Sudah lama Wamp yang saya gunakan tidak diupdate, saya mencoba menginstall Wamp versi terbaru disini. Proses installasi berjalan lancar di OS WIndows 7. Setelah semua project saya migrasi ke wamp baru, saya coba jalankan Wamp, kebetulan setelah installasi Wamp, tidak langsung saya jalankan. Ketika saya pilih “Start All Services” di tray icon Wamp, kok warnanya orange terus, sedangkan tanda Wamp berjalan itu berwarna hijau. Perasaan sudah mulai gundah nih. Saya buka browser dan mengetik alamat localhost, alhasil PAGE NOT FOUND!! Putar balik saya lakukan stop-restart-start services, masih saja tidak bisa jalan.

Setelah berkutat dengan google, akhirnya saya menemukan solusinya. Sebelumnya, ada yang harus kita ketahui beberapa alasan apache tidak bisa berjalan. berikut ada 3 macam penyebab apache tidak berjalan. Ini yang saya ketahui, mungkin masih banyak penyebab lainnya terhadap masalah ini.

1. IIS (Internet Information Services), ini adalah salah satu “server”-nya Microsoft, terutama jika kita menjalankan ASP.NET

Jika kita sering menggunakan IIS sebelum menggunakan WampServer, maka kita harus non-aktifkan dulu IIS-nya (anda bisa googling mencari cara 2 server berjalan). Caranya, masuk ke Control Panel->Uninstall a program. Pada Window Uninstall a program, lihat sebelah kiri window, ada link “Turn Windows Features On or Off”, klik link tersebut.

wampserver

Setelah masuk, unchecklist (jangan diceklist) bagian “Internet Information Services”

wampserver

Setelah itu klik tombol OK dibawahnya, dan lakukan restart pada WampServer.

2. Skype, aplikasi chating.

Mungkin sebelum kita menginstall WampServer, kita sudah menginstall aplikasi Skype ini. Skype itu sendiri menggunakan port 80 untuk menjalankan prosesnya.

Cara untuk memperbaikinya cukup kita buka aplikasi Skype. Pilih menu Tools->Advanced->Connections. Lalu hilangkan tanda centang (uncheck) pilihan ”Use Port 80 and 443″ dan tutup aplikasi Skype. Sekarang kita restart WampServer kita.

3. SQL Server Reporting Services (MSSQLSERVER)

SQL Server Reporting Services adalah salah satu service yang disediakan oleh database SQL Server 2008 yang terbaru. Mungkin sebelum kita menginstall WampServer, kita sudah menginstall terlebih dahulu SQL Server 2008. Jika itu terjadi, kita harus menghentikan proses SQL Server Reporting Services. Service ini akan berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan, dan dia memakai port 80.

Cara untuk mengatasi penyebab ini, pertama kita buka program “SQL Server Configuration Manager”

error wampserver

Setelah terbuka aplikasinya, pilih “SQL Server Services” yang berada di sebelah kiri. Setelah itu ada list services yang ditampilkan di sebelah kanannya.

error wampserver

Di list service sebelah kanan, pilih “SQL Server Reporting Services (MSSQLSERVER)” dengan double-klik atau klik kanan dan pilih properties, sampai muncul window baru seperti gambar berikut.

error wampserver

Tekan tombol “Stop” dan tunggu prosesnya. Lalu buka tab “Service” di sebelah kanan tab “Log On”.

error wampserver

Di tampilan ini, pilih bagian “Start Mode”, ganti dari “Automatic” menjadi “Manual” pada combobox tersebut. Tekan tombol “Apply” lalu tekan tombol “OK”.

Restart WampServer. Apakah tray icon WampServer sudah bisa berwarna hijau?

Incoming search terms:

9 Responses so far.

  1. Miguel says:

    Hi, gr8 vid, but i get this error notice at step 4 (database coifng)You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near TYPE=MyISAM CHARACTER SET `utf8`’ at line 29 SQL=CREATE TABLE `jos_banner` ( `bid` int(11) NOT NULL auto_increment, `cid` int(11) NOT NULL default ‘0 , `type` varch can you help me out here, thanx

  2. Dwiky says:

    makasih bro, ini working… :D

  3. Muzammil says:

    for me this was working perfectly.. thanks

  4. NATYA TANIARZA says:

    WOW! jalan :D thanks

  5. damdam says:

    bro cara nyari SQL Server Reporting Services yang gaka da di taks manager gimana bro.. ane udah pusing ngubek ngubek kompi tapi gak ketemu.
    ane udah search tapi dapetnya system configurasy

    • javaziez says:

      Di window SQL Server Configuration Manager gak ada SQL Server Reporting Service, mas?
      kemungkinan waktu awal install SQLServer reporting servicenya gak di install.

      Jika 3 penyebab wamp diatas sudah tidak berpengaruh, kemungkinan port 80 kepakai oleh server atau aplikasi lain.


CAPTCHA Image
*

Subscribe to email feed

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Tutorial Membuat Apl

Tahun 2012, tahun terakhir saya membuat artikel di blog ini ...

Koneksi PHP 5.3 ke S

Ketika kita terbiasa menggunakan XAMPP, adakalanya ketika kita diharuskan membuat ...

SQLSRV di PHP 5.4

Sudah menggunakan PHP versi 5.4 keatas? Bagi pengembang aplikasi mungkin ...

WampServer 2.2 (WAMP

Sudah lama Wamp yang saya gunakan tidak diupdate, saya mencoba ...

Install Ubuntu 12.04

Install Ubuntu 12.04 menggunakan CD Sudah lama tidak update Ubuntu, saya ...